Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Dinas PMPTSP Sulsel Gelar Bimbingan Teknis Service Excellence

Minggu, 22 Agustus 2021 19:41

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sulsel, menggelar Bimbingan Teknis Service Excellence, di Masagena 2 Malino, Kabupaten Gowa, Minggu, 22 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas PMPTSP Sulsel, Jayadi Nas, mengatakan, salah satu tugas Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya adalah memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas. Dalam bekerja, output yang dihasilkan bukan hanya dalam bentuk nilai angka atau profit semata, melainkan juga tercermin dari kepuasan masyarakat yang kita layani. Bisa dalam bentuk kepuasan terhadap ouput fisik, misal infrastruktur, maupun jasa atau pelayanan.

“Diperlukan perubahan mindset perilaku pelayan publik. Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik dan memenuhi harapan serta kebutuhan pelanggan bahkan lebih,” kata Jayadi Nas, dalam arahannya.

Service excellence, kata Jayadi Nas, bukanlah pelayanan yang mewah. Sebaliknya, definisi konsep ini justru sederhana, yaitu secara konsisten memberikan pelayanan yang sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi pengguna layanan. Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas atau prima, merupakan salah satu ciri tata kelola pemerintahan yang baik atau Good Governance.

“Excellent service berarti mampu memberikan layanan di atas harapan yang diinginkan, menjadi target yang harus dicapai setiap organisasi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal,” ujarnya.

Kegiatan bimbingan teknis ini juga dirangkaikan dengan outbond, yang diisi dengan berbagai games dan lomba, yang membutuhkan kerjasama, komunikasi, dan kepercayaan antara satu dengan yang lainnya. Seperti lari balon, estafet air, estafet hulahoop, tebak kata, komunikata, estafet karet, bahkan merias.

Para peserta terlihat sangat puas mengikuti acara, yang diawali dengan semangat senam Choky Choky Bersama.

Komentar

VIDEO TERKINI