Peduli Olahraga, Forkopimda Hingga Akademisi Sulsel Diganjar Penghargaan Haornas

  • Bagikan

"Danlantamal juga diapreasi karena membina cabor parairan seperti layar. Beliau memberi keleluasaan bagi atlet memanfaatkan kawasan Mako Lantamal bdigunakan untuk berlatih dan menyimpan peralatan mereka yang sekaligus mendapatkan pemeliharaan yang baik. Begitu besar perhatian beliau ini dalam memajukan olahraga di Sulsel. Termasuk Kajati yang membina cabor tarung derajat," ucap Arwin.

Penghargaan juga diberikan kepada unsur akademisi, dalam hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK UNM).

Arwin menuturkan, selama ini sumber daya FIK UNM membantu dalam penerapan iptek olahraga (sport science). Sebagian besar dari mereka terlibat dalam proses pembinaan olahraga. Dengan kata lain, FIK UNM menjadi salah satu mitra strategis Dispora maupun KONI Sulsel dalam membina cabor.

Sementara, di sektor usaha, apresiasi diberikan kepada Kalla Inti Karsa selaku pengelola Nipah Mall. Arwin menyebut, sejak pandemi covid-19, Nipah Mall menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan yang menyiapkan area khusus olahraga.

"Beberapa cabor disiapkan tempat berlatih (venue) di Nipah Mall seperti anggar, karate, panahan, dan basket. Nipah termasul mall yang adaptif terhadap kebutuhan berolahraga. Mall ini telah membantu Pemerintah dalam membudayakan dan pemassalan olahraga di tengah-tengah masyarakat. Sehingga Gubernur patut mengapresiasi dengan memberikan penghargaan," tutur Arwin.

Ia berharap, ruang publik atau pusat perbelanjaan lain dapat mengadaptasi apa yang dilakukan managemen Nipah Mall tersebut. Sebab, olahraga, bukan hanya urusan pemerintah.

  • Bagikan