Tim PKM S2 Matematika UNM Dorong Produktivitas Petani di Masa Pandemi

Selasa, 14 September 2021 11:10

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi S2 Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) terus mendorong produktivitas petani meski dimasa pandemi. Di antaranya bekerjasama dengan kelompok pekebun Desa Mallongi-longi dan Puskesmas Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang.

Tim ini melaksanakan program kemitraan masyarakat melalui dua tema, yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan kelompok pekebun dengan mengolah hasil pisang menjadi produk bernilai ekonomis, juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kegiatan diawali sosialisasi pada bulan April 2021 dan pelaksanaan kegiatan pada 10 dan 11 Juni 2021. Juga dilakukan penyuluhan tentang pentingnya mematuhi protokoler kesehatan terutama 3M dan pembagian masker pada 11 dan 12 Juni. Materi soal sosialisasi penerapan prokes disampaikan Ketua Tim PKM, Syafruddin Side.

Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian pemodelan matematika berkaitan dengan covid-19, efektivitas penerapan 3M dapat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Kasmawati, narasumber lainnya menambahkan bahwa covid-19 tidak boleh dianggapa remeh. “Masyarakat harus percaya bahwa covid-19 memang ada, sehingga kesadaran masyarakat mematuhi 3M sangat diperlukan,” kata Kasmawati

Ketua Tim, Irwan menyampaikan rasa puas dengan antusias 15 anggota mitra mengikuti dan mempraktekkan olahan hasil pisang seperti pastry dan nugget pisang. “Kita berharap agar kelompok ini dapat melanjutkan kegiatan sehingga menciptakan wirausaha yang sekaligus mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Dusun Paladang, Pinrang,” kata Irwan.

Tim PKM S2 Matemtika PPs UNM berharap agar pandemi covid-19 segera berakhir dan masyarakat harus bekerjasama dengan pemerintah untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran covid-19. I Sita sebagai ketua mitra juga merasa bersyukur dan berharap kegiatan pendampingan dapat terus dilakukan. (nsrn)

Komentar

VIDEO TERKINI