Terima Tim Verifikasi KKS Tingkat Nasional, Bupati Barru: Peran Warga Sangat Menentukan

Senin, 27 September 2021 19:41

FAJAR.CO.ID, BARRU–Barru menuju kabupaten dan kota sehat. Barru sejak awal berbenah untuk meraih predikat kabupaten kota sehat ini. Hari ini, Senin (26/09/2021). Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si terima Tim Verifikasi Kab./Kota sehat tingkat Nasional di rumah Jabatan Bupati Barru.

Tim Verifikasi Kabupaten Kota sehat Tingkat Nasional yang terdiri dari perwakilan Kementrian Dalam Negeri, Perwakilan Kementrian Kesehatan, Perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI) dan Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan.

Bupati Barru H. Suardi Saleh dalam sambuatanya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Barru, pada hari ini merupakan momen yang strategis dan berharga karena sesuai amanah peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan RI Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat, bahwa pengembangan Kabupaten/Kota sehat adalah bagian dari dinamika dan semangat warga, Pemerintah Daerah, serta lembaga legislatif di Daerah.

Lanjut Bupati, pencapaian Kabupaten/Kota sehat merupakan proses yang berjalan terus menerus, menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya, mengembangkan potensi-potensi ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan mereka agar cepat saling mendukung dalam membangun potensi suatu wilayah.

“Oleh karena itu, untuk mewujudkan penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, perlu dukungan kualitas lingkungan fisik, sosial, perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif masyarakat dan swasta serta pemerintah secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan.” Harap Bupati

Lebih lanjut Bupati Barru mengapresiasi kegiatan ini karena sejalan dengan cita-cita dalam membangun Barru yang maju dan sejahtra melalui visi pembangunan daerah yakni Kabupaten Barru Yang Sejahtra, Mandiri, Berkeadilan, dan Bernafaskan Keagamaan.

Keikutsertaan Kabupaten Barru dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dimulai sejak tahun 2013, kemudian dimasa kepemimpinan kami pada tahun 2019, Alhamdulillah berhasil memperoleh penghargaan Tertinggi yaitu Swastisaba Kategori Wistara, Tahun 2020 berhasil meraih predikat kategori ODF atau stop BABS tingkat Nasional, Paritrana Award jaminan sosial Ketenagakerjaan, terbaik I Inovasi Desa terkait pariwisata dan Irigasi, Inovasi Posyandu dalam top Inovasi terpuji pelayanan publik tingkat nasional, dan penghargaan lainnya.

Komentar

VIDEO TERKINI