Pekan Depan, 28 SMP di Makassar Mulai Pembelajaran Tatap Muka

Sabtu, 2 Oktober 2021 11:57

Ilustrasi PTM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan Kota Makassar secara resmi menetapkan 28 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri maupun swasta untuk memulai penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bertahap, Senin, (4/10/2021) mendatang.

Plt Kadis Pendidikan Nielma Palamba mengatakan pihaknya sudah menetapkan 28 sekolah sebagai sekolah yang memulai simulasi PTM terbatas di Makassar.

Nama-nama itu berdasarkan hasil verifikasi dan validasi (Verval) Disdik bahwa sekolah tersebut layak dan siap dalam menggelar PTM.

Verval didasarkan pada 46 daftar periksa sekolah (DPS) yang mampu dipenuhi masing-masing sekolah swasta maupun negeri.

Nielma meminta agar sekolah-sekolah yang terpilih benar-benar menjalankan prokes yang ketat.

“Saya harap sekolah-sekolah yang akan menggelar simulasi ini memberikannya contoh bagi yang lain. Betul-betul maksimalkan prokes agar mencegah penularan dan kluster di sekolah,” kata Neilma, Jumat, (1/10/2021).

Ia menjelaskan, simulasi akan berlangsung selama dua pekan lalu dievaluasi.

“Pokoknya dievaluasi terus, kalau dua minggu sudah bagus ya, ditambah lagi sesuai kebutuhan dan kondisi,” ucapnya.

Dan seterusnya, jika sudah bagus dan tampak aman maka dilanjutkan dengan membuka sekolah dasar (SD), TK dan PAUD.

Kepala Sekolah SMPN 6 Makassar Dr Munir membenarkan, sekolahnya bakal mewakili kecamatan Ujung Pandang dalam pelaksanaan PTM yang dimulai 4 Oktober mendatang.

“Insyaallah SMPN 6 mewakili kecamatan Ujung Pandang untuk PTM. Insyaallah tanggal 4 Oktober masuk. Persiapannya, sejauh ini adalah pemenuhan kriteria dalam 46 poin daftar periksa sekolah (DPS),” kata Munir.

Ia menuturkan, imbauan khusus sekolah kepada siswa dan wali murid lanjut dia, ialah membawa sendiri masker dan handsanitizer sendiri. Meski pun, pihaknya menyiapkan stok masker di sekolah.

Komentar

VIDEO TERKINI