SAR Unhas Siaga Sumpah Pemuda 2021

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SAR Unhas melepas 1 Tim Siaga guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada kegiatan perayaan Hari Sumpah Pemuda 2021 di Gunung Bawakaraeng,

Tim Siaga berjumlah 8 orang, dan dipimpin oleh Suwardani, mahasiswa Fakultas Kehutanan, sebagai DanSRU (Komandan SRU).

Tim berangkat dari Posko Gurila menuju Desa Lembanna, dan berencana untuk bermalam di desa tersebut, sebelum mendaki di esok harinya. Direncanakan, tim akan terbagi dalam 3 pos yaitu Lembanna, Pos 7, dan Pos 10 (puncak).

Sebelum melakukan siaga, Anggota yang ingin berpartisipasi harus mengikuti binjas (bina jasmani) yang telah ditentukan oleh Kepala Pusat Operasi, dan juga melengkapi peralatan pribadi maupun tim untuk persiapan Siaga.

Siaga Sumpah Pemuda merupakan kegitan rutin SAR Unhas setiap tahunnya. Pada hari Sumpah Pemuda, banyak kalangan pemuda yang ingin memperingati perayaan tersebut di Gunung Bawakaraeng. Dengan adanya Siaga Sumpah Pemuda, proses perayaan di gunung dapat berjalan dengan lancar agar momen Sumpah Pemuda dapat terlaksana.

Rabu kemarin, Tim SAR Unhas terbagi dalam beberapa tim untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ketika perayaan Sumpah Pemuda di Gunung Bawakaraeng. Tim SAR Unhas terbagi dalam 3 lokasi, Lembanna (1 orang), Pos 7 (4 orang), dan Pos 10 (4 orang). Saat ini, setiap tim telah menempati pos penjagaannya masing-masing. Adapun kondisi cuaca sempat hujan berkabut.

Selain SAR Unhas, ada pula potensi lain yang ikut melakukan Siaga Sumpah Pemuda 2021, seperti TBF Unhas (7 orang), MRB (15 orang), Karspala Gowa (1 orang), FKPA Gowa (1 orang), Polsek Tinggimoncong, dan Tim Buluballea (8 orang). Setiap tim tersebar di beberapa pos atau lokasi, baik di Pos 7, Ramma, dan sebagainya guna mengantisipasi kejadia yang tidak diharapkan. Hingga saat ini, jumlah pendaki yang tercatat adalah 81 orang di Puncak dan 170 orang di Ramma. (*)

  • Bagikan