Kecurangan Tes CPNS Diduga Peran Orang Dalam, Pengamat: Pemda Sidrap Jangan Tutup Mata

Jumat, 29 Oktober 2021 20:36

FAJAR.CO.ID, SIDRAP– Pemda Sidrap didesak ikut menurunkan tim untuk menyelidiki adanya laporan kecurangan tes CPNS. Pengamat menilai ada keterlibatan orang internal dalam kecurangan.

BKN dan Panitia Seleksi telah mengumumkan laporan dugaan kecurangan dalam pelaksanaan SKD CPNS 2021 dan tindak lanjutnya itu. 

Dalam laporan itu disebutkan terdapat 225 peserta dari 9 titik lokasi (Tilok) tes SKD CPNS 2021 yang diduga lakukan kecurangan. Saah satunya di Kabupaten Sidrap.

Dari sembilan tilok yang ditemukan kecurangan, tilok Kabupaten Sidrap paling banyak peserta casn yang didapati. Yakni 62 peserta CPNS diduga melakukan kecurangan saat tes. Tilok Kabupaten Sidrap dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sidrap.

Sekda Sidrap, Sudirman Bungi menegaskanterkait laporan dugaan kecurangan pelaksanaan test CPNS tersebut, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi resmi dari BKN (terkait laporan kecurangan test CPNS),” ungkapnya saat dikonfirmasi FAJAR, Jumat, 29 Oktober.

Pihaknya menyampaikan sejauh ini masih terus berkoordinasi dengan BKN dan belum bisa melakukan langkan apapun termasuk menyelidiki dugaan keterlibatan internal Pemda Sidrap.

“Kami baru menyurat minta penjelasan dan informasi resmi dari BKN, kami belum bisa melakukan langkah apapun sebelum ada informasi resmi terkait hal tersebut,” paparnya.

Pengamat Pemerintahan Unhas, Andi Lukman Irwanmenyesalkan bobolnya sistem keamanan komputer dalam tes CPNS. Terlebih, di Sulsel ada tiga daerah yang dilaporkan terjadi kecurangan.

“Ini harus jadi catatan dan mesti diusut tuntas. Perlu ada perbaikan sistem pasca insiden ini,” tegasnya.

Ia juga mendesak agar BKN dan Pemda setempat turut bergerak menyelidiki laporan kecuragan test CPNS sehingga ada efek jera bagi pelaku.

Komentar

VIDEO TERKINI