Sepekan, 11 Wilayah di Sulsel Nihil Kasus Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sulsel mencatat 11 wilayah nihil kasus Covid-19 sepanjang 12-18 November. Ini kabar baik.

Ke-11 wilayah tersebut yakni Barru, Bulukumba, Enrekang, Luwu Utara, Pangkep, Selayar, Sidrap, Sinjai, Soppeng, Toraja Utara, dan Wajo.

Bahkan, Barru, Soppeng, Selayar, dan Wajo mengklaim zero kasus selama dua pekan terakhir. Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Arman Bausat berharap minimnya penularan di daerah bisa terus bertahan hingga kasus Covid-19 benar-benar hilang.

Hanya saja, minimnya kasus yang terdeteksi, harus dibarengi upaya masif penelusuran testing dan tracing sesuai ketentuan per wilayah.

"Kita berharap minimnya kasus itu relevan dengan angka testing yang ditetapkan pemerintah pusat, sesuai tingkat penularan per kabupaten dan kota," jelasnya kepada FAJAR, Jumat, 19 November.

Bukan hanya itu. Arman menegaskan percepatan vaksinasi yang masih minim di beberapa daerah juga perlu ditingkatkan. Sebab masih banyak indikator pengendalian yang menjadi patokan, belum terpenuhi di sejumlah daerah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin memastikan mengakui proses tracing atau pelacakan dilakukan saat ada yang terkonfirmasi Covid-19.

"Tracing pasti selalu berjalan. Ketika ada terkonfirmasi kita pastinya turun untuk melakukan pelabuhan," terangnya.

Lebih lanjut, Ida sapaanya, menyebut saat ini fokus testing tetap dilakukan. Khususnya pada siswa yang kini siap melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Swab antigen bagi siswa yang sudah tatap muka terus berjalan. Tiap puskemas punya peran dalam melakukan pemeriksaan tersebut. Namun sampai saat ini, belum ada laporan kasus yang kita temukan. Kita tentu bersyukur," tukasnya. (asri)

  • Bagikan