Andi Rahim Akui Tenaga Kerja Lutra di Morowali Pahlawan Ekonomi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MASAMBA - Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Andi Abdullah Rahim, memberikan apresiasi kepada para tenaga kerja asal Bumi Lamaranginang di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulteng. Jumlah mereka mencapai ribuan orang dan ternyata telah berkontribusi besar dalam perputaran ekonomi di Lutra.

Andi Rahim mengaku telah berdiskusi dengan salah seorang tenaga kerja asal Lutra, Depi Ompo, yang juga Ketua Kerukunan Rongkong Tenaga Kerja Morowali. Dari Depi, ia mendapatkan informasi perihal besarnya kontribusi para tenaga kerja asal Lutra untuk membantu perputaran ekonomi daerah.

"Mereka ini patut mendapatkan apresiasi. Bisa dibilang mereka adalah pahlawan, bukan sebatas untuk keluarganya tapi juga untuk perputaran ekonomi Luwu Utara," kata Andi Rahim yang juga Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lutra, Rabu (5/1/2022).

Dengan gaji yang bervariasi, para tenaga kerja di Morowali itu rata-rata secara rutin mengirim uang ke keluarganya di Lutra setiap bulan. Dengan jumlah mencapai ribuan, bila mengirim Rp1 juta saja per bulan, artinya dana yang masuk ke Lutra mencapai miliaran rupiah dan bila setahun menembus puluhan miliar rupiah.

"Ya, makanya saya menyebut mereka ini adalah pahlawan, bukan sebatas untuk keluarga tapi juga untuk seluruh masyarakat Luwu Utara. Mereka telah berkontribusi besar dalam perputaran ekonomi daerah, tatkala sedang berupaya bangkit dan pulih dari tragedi banjir bandang dan pandemi Covid-19," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kerukunan Rongkong Tenaga Kerja Morowali, Depi Ompo, menyampaikan jumlah tenaga kerja asal Lutra di Morowali cukup besar. Dari ke tahun, semakin banyak yang merantau ke sana untuk mendapatkan pekerjaan.

  • Bagikan