Pemindahan Ibu Kota Negara, Pansus IKN akan Kunjungi Kawasan BSD dan Alam Sutera terkait Konsep Smart City dan Green City

  • Bagikan
Ilustrasi desain istana IKN. (IG Suharso Monoarfa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ibu Kota Negara (IKN) Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya akan berkunjung ke Kawasan BSD dan Alam Sutera terkait pemindahan ibu kota. Doli mengatakan, bakal berkunjung ke BSD Alam Sutera lantaran kawasan tersebut sudah menerapkan konsep smart city dan green city.

“Kita kan ini sekarang membangun ibu kota baru, kota baru. Kota baru ini kan disebut smart city kemudian sustainable city, green city. Kita juga harus melihat contoh-contoh di mana tempat-tempat yang sudah dikategorikan memenuhi slogan-slogan itu,” ujar Doli kepada wartawan, Jumat (14/1).

Legislator Partai Golkar ini mengatakan pihak pemerintah sudah lebih dulu berkunjung ke BSD Alam Sutera untuk melakukan kunjungan kerja.

“Bahkan kemudian Pak Presiden sudah meminta lagi Pak Basuki (Menteri PUPR) dan Mak Mensesneg untuk kedua kalinya melihat karena konsepnya dianggap bagus. Nah kemudian pemerintah juga mengusulkan supaya memang pansus juga mempunyai bayangan terhadap kota yang mau dibangun itu,” katanya.

Doli berujar Pansus DPR IKN bakal melakukan kunjungan kerja ke BSD Alam Sutera pada 16 Januari 2022. Sehingga diharapkan bisa berjalan lancar. “Apalagi ke depan pembahasan IKN sudah bicara menyoal master plan,” ungkapnya.

Doli mengatakan, selain ke BSD dan Alam Sutera pada akhir pekan ini, Pansus juga berencana berkunjung ke wilayah ibu kota baru di Kalimantan Timur pada Jumat 14 Januari 2022 ini. “Sudah cukup saya kira. Kita sudah ke lokasi. Besok kita lihat ke tempat itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Deputi Pengembangan Regional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rudy Soeprihadi Prawiradinata mengatakan, pemerintah telah membentuk master plan terkait pemindahan ibu kota negara (IKN).

  • Bagikan