Fit and Propert Test Demokrat Sulsel, Pengamat: Ni’matullah Kembali Berjanji, IAS Sudah Terbukti

  • Bagikan
Ilham Arief Sirajuddin dan Ni'matullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tahapan fit and propert tes calon Ketua DPD Demokrat Sulsel telah diselesaikan dengan baik melalui tim 3 DPP Partai Demokrat Rabu, (26/01/2022).

Dua calon ketua telah memaparkan visi misi dan program kerja mereka di hadapan tim 3 DPP Partai Demokrat secara virtual.

Yakni Ni’matullah sebagai incumbent dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai penantang.

Kedua calon ketua Demokrat Sulsel ini sama-sama puas dengan respon tim 3 terhadap pemaparan mereka.

Terlebih Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat mengapresiasi semangat Ni’matullah dan juga IAS membesarkan partai Demokrat di Sulsel.

Pengamat politik, Ras Md menjelaskan, jika mendalami metode fit and proper test tim 3 DPP Demokrat di beberapa daerah, maka barometer yang dipakai dalam menguji calon ketua DPD ada tiga.

Pertama, berbasis kinerja. Tim 3 akan mengevaluasi capaian yang diraih selama lima tahun, apakah trendnya baik ataukah tidak baik.

Kedua, visi-misi dan program kerja. Di tahapan ini, DPP akan mendalami secara sistematis dan rasional apakah harapan calon ketua DPD senafas dengan harapan DPP dalam menghadapi tahun politik, baik target kerja partai maupun program kerja.

Ketiga soal komitmen dan loyalitas. Barometer ini tidak kalah pentingnya dari barometer lainnya. Karena menyangkut masalah “aqidah partai” di dalamnya.

Tentu, kata Ras, barometer di atas juga menjadi acuan tim 3 dalam menghitung peluang Ni’matullah dan Ilham Arief Sirajuddin sebagai calon ketua Demokrat Sulsel periode 2021-2026.

Pasca fit and propert test kemarin, lanjut Ras, baik IAS maupun Ulla menyampaikan kepada media strategi dan program kerja mereka masing-masing jika diberi mandat oleh DPP menjadi ketua Demokrat Sulsel.

  • Bagikan