Halal dan Higienis, Sapi BULS Dipotong di RPH Modern

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Masyarakat kini sudah bisa menikmati daging sapi berkualitas, halal, dan higienis, yang diproduksi PT Berdikari United Livestock (BULS). Berbeda dengan sapi-sapi yang berkeliaran di wilayah Antang, yang makanannya tidak terjamin, peternakan BULS ditunjang dengan lapangan rumput yang luas. Sapi-sapi ini juga disuntik dengan vitamin dan dipantau oleh dokter hewan.

Sapi dari PT BULS tersebut kemudian dipotong di Rumah Potong Hewan (RPH) Modern Manggala. Dimana daging tidak lagi menyentuh lantai di lokasi pemotongan.

Dokter Hewan RPH Manggala, Muh Ridwan Gaffar, menjelaskan, daging sapi yang diproduksi BULS sangat berkualitas, sehat, dan layak konsumsi. Iapun telah melakukan pemeriksaan mulai dari kondisi hati, limfa, paru, dan ginjal.

"Setelah saya periksa, hatinya tidak membengkak, kemudian mengkilat, dan sudut-sudut hatinya runcing. Dan tidak mengandung cacing," kata Ridwan, di sela pemotongan perdana sapi BULS, di RPH Antang, Manggala, Jumat, 18 Februari 2022.

Selain hati, Ridwan juga mengungkapkan jika kondisi limfa sapi juga tidak membengkak, dan tidak mengandung cairan berwarna hitam di tengahnya. Begitupun kondisi paru dan ginjal menandakan sapi yang dipotong dalam kondisi sehat.

"Jadi, saya nyatakan ini sehat dan layak konsumsi," ungkapnya.

Sementara, Direktur PT BULS, Irman Yasin Limpo, mengungkapkan, sapi-sapi yang diproduksi di Ranch Bila Sidrap, dipantau secara ketat oleh dokter hewan serta para petugas kandang. Mulai dari asupan makanan hingga vitaminnya.

  • Bagikan