Catatkan Laba Rp1,72 Miliar, PT Basic Sumbang PAD untuk Bantaeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG - PT Bantaeng Sinergi Cemerlang/ PT Basic (Perseroda) mencatatkan laba bersih senilai Rp1,72 miliar, sepanjang 2021. Perusahaan yang mengelola Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) ini menjadi perusahaan daerah pertama yang mengalami keuntungan di Bantaeng.

"Kita dari rugi menjadi untung di 2021. Kami yang pertama membukukan keuntungan di Bantaeng ini," kata direktur Utama PT Basic (Perseroda), Tony Pahlevi saat membacakan kinerja keuangan PT Basic dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar di Hotel Kirei, Jumat, 25 Februari 2022.

Dia mengatakan, laba bersih itu, PT Basic akan membagi deviden kepada Pemerintah kabupaten Bantaeng sebagai pemilik saham sesuai dengan regulasi yang ada. Dengan begitu, PT Basic telah memberikan kontribusi pendapatan kepada pemerintah daerah.

Toni mengatakan, selain memberikan deviden kepada Pemkab Bantaeng. Perusahaan ini juga akan memberikan kesejahteraan kepada karyawan sesuai dengan regulasi yang ada senilai 12 persen dari total nilai laba bersih. "Ini yang ditunggu-tunggu oleh semua karyawan PT Basic," kata dia.

Toni mengatakan, laba bersih ini berasal dari pendapatan operasional dan sewa lahan yang ada di PT KIBA. Dia mengatakan, sejauh ini sejumlah perusahaan sudah mulai menanamkan investasinya di tenant-tenant yang telah disediakan oleh PT Basic (Perseroda).

Dia menyebut, sejak 2021, ada dua perusahaan yang menyumpang pendapatan terbesar untuk PT Basic. Keduanya adalah Butta Toa Smelter dan PT Prisma. "Keduanya telah grund breaking, selanjutnya dalam waktu dekat ini sudah akan mulai konstruksi," jelas dia.

  • Bagikan