Gaspol Capai Target 300 Peserta ADWI 2022, Sulsel Terbanyak se-Indonesia

  • Bagikan
Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel berhasil memenuhi target 300 desa wisata di Sulsel.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel berhasil memenuhi target 300 desa wisata asal Sulsel menjadi peserta Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tahun 2022.

Hingga ditutup pada 31 Maret lalu, Sulsel mencatatkan 338 desa wisata sebagai peserta ADWI 2022. Tak hanya itu, Sulsel juga menjadi provinsi paling banyak pesertanya dari 34 provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah menempati posisi kedua dan ketiga di bawah Sulsel.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel Prof Muhammad Jufri menyampaikan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno saat peluncuran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 melalui zoom meeting jika Sulsel menargetkan 300 desa wisata yang akan ikut berpartisipasi tahun ini.

"Alhamdulillah target itu tercapai. Bahkan melebihi karena data terakhir setelah pendaftaran ditutup, yang terdaftar dari Sulsel sejumlah 338 desa wisata," jelas Jufri.

Menurut guru besar ilmu fsikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, capaian tersebut bisa diraih karena kerja-kerja para pengelola di masing-masing desa wisata yang tersebar di 24 kabupaten dan kota di Sulsel. Mereka dinilai antusias menyambut tantangan menteri yang memberikan apresiasi kepada mereka melalui ajang ADWI tersebut.

Pada beberapa kesempatan, Menteri Sandiaga memang selalu menyampaikan bahwa ajang tersebut diadakan sebagai apresiasi bagi pengelola desa wisata yang terus bergerak membangkitkan ekonomi di masa pandemi melalui pengelolaan desa wisata.

  • Bagikan