Giatkan Literasi Jurnal Ilmiah, Relawan Jurnal Indonesia Sulawesi Selatan adakan Webinar Nasional

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka meningkatkan proses pengelolaan publikasi berkala dalam penerbitan akademik atau jurnal ilmiah, Pengurus Daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Provinsi Sulawesi Selatan laksanakan Webinar Nasional Literasi Jurnal dengan Tema “Artikel Metadata: Upaya Peningkatan Kualitas Pengelolaan Jurnal Ilmiah”, Sabtu (9/4/2022).

Kegiatan ini dilaksakan sebagai upaya untuk meningkatkan proses pengelolaan jurnal ilmiah agar proses pengelolaan jurnal dapat berjalan dengan baik dan benar. Jurnal ilmiah sendiri adalah salah satu media publikasi dari karya tulis ilmiah akademik. “Ini mendorong jurnal ilmiah yang ada di Indonesia menjadi lebih berkualitas dan dapat percaya diri mengajukan akreditas jurnal ketika usia jurnal sudah berusia 2 tahun”, ungkap Muh Ilham Bakhtiar, S.Pd.M.Pd selaku Ketua RJI Sul-Sel.

“Literasi Jurnal semuanya difokuskan satu garis dengan RJI Akademi, RJI Akademi ini saat ini difokuskan bagi bapa/ibu sebagai terdata anggota RJI. Anggota RJI saat ini masih dua kategori, yaitu yang ikut TOT dan yang ketua yang menjadi pengurus,” papar Andri Putra Kesmawan selaku Ketua Pengurus Pusat RJI dalam sambutannya. Lebih lanjut Andri mengatakan kegiatan ini penting bagi para penulis dan pengelola jurnal.

Asep Erlang Maulana dalam materinya mengatakan bahwa Artikel metadata merupakan bagian terpenting dalam proses pengelolaan jurnal, karena berfungsi untuk memudahkan proses pengarsipan dan pencarian kembali sebuah artikel ilmiah yang telah terbit pada sebuah jurnal. “Pentingnya metadata artikel di isi karena sangat berkaitan dengan mesin indexing dan kebutuhan metadata manajemen references saat artikel akan disitasi,” jelasnya.

  • Bagikan