Jenazah Buya Syafii Maarif, Dimakamkan di Kulon Progo

  • Bagikan
Jenazah Buya Syafii Maarif dimakamkan di Kulon Progo. Foto: Antara

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA - Indonesia telah kehilangan salah satu tokoh Muhammadiyah dan cendikiawan Muslim, Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii yang meninggal dunia pada Jumat (27/5).

Kabar meninggalnya Buya Syafii disampaikan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. "Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif," kata Haedar Nashir dikutip dari laman resmi PP Muhammadiyah.

Jenazah Buya Syafii Maarif akan dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Jumat sore.

"Setelah salat Asar akan diberangkatkan ke Pemakaman Husnul Khotimah di Kecamatan Sentolo, Kulon Progo," kata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat konferensi pers di RS PKU Gamping, Sleman, Jumat (27/5). Sebelum diberangkatkan ke Kulon Progo, jenazah Buya Syafii saat ini disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta.

"Akan disalatkan sampai Asar dan setelah salat Asar akan diberangkatkan ke pemakaman," ujar dia. Cendekiawan muslim yang juga mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buya Syafii sempat dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Kabupaten Sleman, sejak 14 Mei 2022 karena mengalami sesak napas.

Sebelumnya, pada pada Maret 2022, Buya Syafii juga sempat dirawat rumah sakit yang sama karena mengalami serangan jantung ringan. (antara/jpnn)

  • Bagikan