Negara-negara Sahabat Siap Berpartisipasi di F8, Inilah Daftar Artis yang Bakal Hadir

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah negara siap berpartisipasi dalam Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 Makassar yang akan digelar pada 7-11 September 2022 mendatang. Rencananya, ajang Film, Food, Fashion, Flora, Fine Art, Fusion, Jazz, dan Fiction Writer.

Direktur Utama PT Festival 8, Sofyan Setiawan mengatakan, beberapa negara yang telah mengkonfirmasi kehadirannya diantaranya, Norwegia, Jepang dan Australia.

“Sementara yang masuk dalam hotlist adalah Perancis dan Singapura. Insyaallah akan join. Mudah-mudahan dari negara sahabat bisa memastikan dalam waktu dekat,” ucapnya, Kamis (7/7/2022).

Kemudian ada 40 kabupaten/kota yang telah diundang. Namun yang telah memberikan respons baru 15 kabupaten/kota karena masih proses refokusing anggaran sehingga belum ada anggaran promosi pariwisata ke daerah lain.

Provinsi Jawa Barat sendiri telah melakukan konfirmasi bakal hadir dalam event yang masuk 10 besar atau Top Ten Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Kalaupun misalnya kota/kabupaten sudah ada anggaran promosinya, biasanya mereka akan masukkan atau dianggarkan untuk kota-kota yang menjadi hotlist promosi mereka. Mungkin Makassar belum, tapi dengan F8 kami yakinkan bahwa Makassar ke depan akan menjadi hot list tujuan pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, sejumlah artis juga sudah ada beberapa yang dipastikan hadir di event yang bakal menelan anggaran Rp8 miliar ini, diantaranya Danilla, RUN, Mahen, Padi Reborn, dan Gigi. Sementara sejumlah artis dan penyanyi lainnya masih dalam proses negosiasi.

  • Bagikan