Harganas Ke-29, Kepala BKKBN Sulsel: Keluarga Merupakan Lingkungan Pertama dan Utama

  • Bagikan
Kepala BKKBN Sulsel, Dra. Hj. Ritamaruan (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Provinsi Sulawesi Selatan diperingati di Kantor BKKBN Sulsel, Kamis (28/7/2022).

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Sulsel, Dra. Hj. Ritamaruani, mengatakan, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama membentuk karakter anggota Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan dimana persemaian nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan, keadilan sosial dan nilai-nilai moral secara praktis akan berproses dan ditentukan oleh keluarga,” ucapnya.

Dia menyebut, pada masa pandemi, keluarga telah terbukti menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan utama yaitu ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Kendati demikian, terjadinya pandemi Covid-19 tentu memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai sektor pembangunan.

Di sisi lain kata dia, Indonesia juga tengah berjuang menghadapi ancaman Stunting dengan prevalensi nasional diangka 24.4% dan Sulawesi Selatan 27.4% dengan target penurunan yang harus dicapai sebesar 14% sesuai target yang tertuang dalam Perpres Nomor 72 tahun 2021.

“HARGANAS menjadi momentum penting bagi BKKBN dalam menggalang dan meningkatkan komitmen seluruh lapisan masyarakat baik itu pemerintah, masyarakat, akademisi, swasta/dunia bisnis, dan media dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat pada umumnya dan mencapai cita-cita program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) pada khususnya, termasuk dalam percepatan penurunan stunting,” jelasnya.

  • Bagikan