Usai Dipanggil KPK dan Diframing Negatif, Anies Baswedan Malah Semakin Populer Dielukan Jadi Capres

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Usai dipanggil KPK sebagai saksi yang kemudian dimainkan para buzzer dan pembencinya, nama Anies Baswedan justru semakin populer dibicarakan masyarakat umum dan warganet.

Bahkan, salah satu media nasional sempat menyajikan pemberitaan yang terkesan melakukan framing negatif. Peristiwa itu pun ditanggapi Anies Baswedan dengan bijak. Alhasil, nama Anies Baswedan kini semakin banyak dibicarakan.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, juga mengungkap tingkat popularitas tokoh politik dalam pemberitaan dan perbincangan media sosial pada Agustus 2022. Dalam data tersebut, Gubernur DKI Jakarta berada di puncak.

"Pada Agustus 2022, Anies Baswedan menjadi tokoh yang paling populer dalam pemberitaan dan perbincangan di media sosial," tulis Ismail di akun Twitternya dikutip fajar.co.id pada Minggu (11/9/2022).

Anies sendiri menjadi tokoh politik populer dengan total 297.090 perbincangan bailk di pemberitaan maupun di media sosial. Ismail menyebut tingginya popularitas Anies di antaranya terkait JIS dan duet Anies-AHY.

"Tingginya popularitas Anies Baswedan antaranya didorong narasi dari pendukungnya mengenai kemegahan JIS, dukungan duet Anies-AHY, dan teriakan Anies Presiden di acara Jalan Sehat PKS," tuturnya.

Setelah Anies, nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah menjadi tokoh dengan popularitas tertinggi berikutnya dengan angka pembicaraan masih di kisaran 200 ribu.

Sementara itu, nama Kepala Staf TNI Angkatan Dara Andika Perkasa, Menko Pereekonomian Airlangga Hartarto, dan Menparekraf Sandiaga Uno menjadi yang terendah dari segi popularitas.

  • Bagikan