Jamin Layanan Kesehatan KTT G20 di Bali, Kemenkes Siapkan 7 RS Rujukan Terbaik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mendukung kelancaran penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada 15-16 November 2022 di Bali dengan menyiapkan fasilitas pelayanan Kesehatan, bukan hanya di hotel utama, Apurva Kempinski Bali, tapi di seluruh hotel tempat para delegasi menginap selama penyelenggaraan. Beberapa Rumah Sakit rujukan pun telah ditunjuk.

“Sudah dipilih beberapa RS. Pemilihannya juga telah menghitung jarak dari main venue, yaitu Apurva Kempinski ke RS rujukan,” kata Direktur Tata Kelola Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Sunarto, saat konferensi pers virtual, Kamis (22/9/2022).

Kementerian Kesehatan dalam menunjuk RS rujukan ditentukan dari perhitungan waktu yang telah dilakukan. Ketika ada kejadian yang membutuhkan layanan kesehatan, jarak tempuh yang dibutuhkan ke RS paling jauh adalah 48 menit, dan yang paling dekat yaitu 13 menit. Meski begitu, di main venue, juga akan disediakan klinik kesehatan dan Mini-ICU.

“Jadi kami telah menghitung. Namun begitu bukan ada apa-apa jika misalnya ada person dibawa langsung dengan ambulan. Tapi ini adalah standar penanganan emergensinya. Tapi tetap, di Apurva Kempinski juga ada klinik dan Mini-ICU,” kata Sunarto, sembari menambahkan bahwa khusus pimpinan negara atau VVIP, penanganannya akan dilakukan Sekretariat Negara.

“Sedangkan Kemenkes hanya untuk delegasi seperti Menteri, Duta Besar, dan lainnya jumlahnya sekitar 600 orang. Selain ada mini-ICU dan klinik kesehatan, ada juga tim mobile 24 jam,” kata Sunarto.

  • Bagikan