Heriwawan Calon Tunggal Demokrat Sinjai, Pimpinan Sidang: Rivalnya Tidak Memenuhi Syarat, Bukan Mengundurkan Diri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Musyawarah Cabang Partai Demokrat serentak Sulawesi Selatan di Hotel Claro telah selesai. Heriwawan melenggang menakhodai DPC Demokrat Sinjai setelah rivalnya, Ishak Arsyad Saleh, dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Steering Committee dan Pimpinan Sidang Muscab Demokrat Sinjai, Edy Juanedi mengatakan, dua kandidat mendaftar untuk memperebutkan Demokrat Sinjai, Mereka adalah, Heriwawan dan Ishak Arsyad Saleh.

Hanya saja, Ishak Arsyad Saleh dinyatakan tidak dapat mengikuti proses pemilihan karena tidak memenuhi syarat menjadi kandidat. Hal itu diketahui setelah DPP Demokrat melakukan verifikasi dukungan sebagaimana persyaratan dukungan minimal 20 persen dari pemilik suara.

Ishak tidak mendapat satupun rekomendasi dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) sah maupun Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Sinjai itu sendiri. "Jadi bukan beliau mengundurkan diri tapi memang tidak memenuhi kriteria untuk dicalonkan," terang Edy, Minggu (6/11/2022).

Oleh karena itu, dalam pelaksanaan sidang Muscab, semua peserta yang hadir menyepakati Heriwawan sebagai Calon Ketua Demokrat Sinjai secara aklamasi. Terlebih lagi, enam PAC Demokrat sinjai dan DPD Demokrat sulsel memberikan rekomendasi dukungan kepada pengusaha dan politisi muda itu.

"Semua sepakat tidak ada pemilihan karena hanya satu calon memenuhi syarat," tambahnya. Setelah Muscab ditetapkan sebagai calon tunggal, mekanisme selanjutnya adalah fit and proper test oleh tim lima. Mereka adalah Ketua Umum, Sekjen, dan Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPP Demokrat. Kemudian Ketua dan Sekretaris Demokrat Sulsel. (sir)

  • Bagikan