Beri Kuliah Umum di ITH, Taufan Pawe Ungkap Sejarah Berdirinya Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe bercerita sejarah berdirinya Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Parepare.

Hal itu ia ceritakan saat menjadi narasumber pada kegiatan Kuliah Umum ITH Parepare, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, di Jl. Jend Sudirman No. 78, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sabtu (26/11/2022).

Wali Kota Parepare dua periode itu awalnya menyampaikan niat baiknya saat bertemu dengan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Bapak presiden di sini kota kelahiran BJ. Habibie, saya punya ide usulan mendirikan ITH. Langsung beliau mengatakan, iya yah Habibie lahir di sini,” kata Taufan Pawe.

Lebih lanjut, Taufan Pawe menceritakan, apa yang dikatakan oleh SBY. “Pak menteri tolong terima Wali Kota Parepare ke Jakarta minta dia presentasi dia ingin mendirikan ITH,” kata Taufan Pawe, saat bercerita SBY memanggil Mendikbud waktu itu Prof. Muh. Nuh.

Singkat cerita, kata Taufan Pawe, dirinya mempresentasikan itu di depan SBY di Jakarta. “Dia kagum dan senang, melihat hasilnya,” ucap Taufan Pawe.

Akhirnya Taufan Pawe diberi saran oleh almarhum BJ. Habibie, untuk banyak berdiskusi dengan Prof. Abdul Malik Fadjar.

“Taufan kau banyak berdiskusi dengan Prof. Malik Fadjar, karena pasti dia memahami alir berpikir saya,” ujar Taufan Pawe saat cerita saran BJ. Habibie.

Singkat cerita, kata Taufan Pawe dirinya bertemu lagi dengan Prof. Muh. Nuh. Tapi di luar dugaan Taufan Pawe diberi jawaban agak mengecewakan karena untuk ITH tadi diubah menjadi Politeknik.

  • Bagikan