Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sulsel hingga 9 Januari

  • Bagikan
BMKG dan kondisi cuaca yang dialami dalam 2 hari terakhir

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di Sulawesi Selatan pada tanggal 3-9 Januari 2023 mendatang.

Keterangan resmi itu melalui surat Nomor: B/ME.02.04/001 KBB4//2023.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Irwan Slamet mengatakan, kondisi cuaca beberapa hari terakhir umumnya cerah berawan.

Meskipun demikian dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

“Ex-Sikion Tropis Ellie terpantau masih berada di Australia bagian barat mampu meningkatkan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sepanjang daerah menuju pusai tekanan,” ucapnya, Senin, (2/1/2023).

Dia memaparkan, terdapat pertemuan arus angin (konvergensi) di sekitar Sulawesi Selatan menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan.

Model cuaca menunjukkan kelembapan udara lapisan atas hingga kctinggian 700 mb dalam kondisi basah (70 - 100 persen).

Lebih jauh kata dia, prakiraan tanggal 03 - 09 Januari 2023, hujan dengan Intensitas lebat yang cenderung pada dini hari sampai pagi hari berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat meliputi Kab/Kota Pare-Pare, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Takalar.

Begitu pun wilayah Sulawesi Selatan bagian tengah meliputi Kab. Soppeng, Gowa, Bone bagian timur.

Selanjutnya wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan meliputi Kabupaten Jeneponto, Bantaeng.

  • Bagikan