Jokowi Instruksikan Bulog: Kendalikan Kenaikan Harga Bahan Pokok

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Harga bahan pokok di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun langsung memberi perintah kepada Badan Urusan Logistik (Bulog).

Jokowi mengingatkan Perum Bulog mengendalikan harga beras dan sejumlah bahan pokok.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan FKPD se-Indonesia di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 17 Januari 2023.

Jokowi menyebut harga beras mengalami kenaikan yang cukup tinggi di 79 daerah di Indonesia.

“Saya dua hari lalu memperingatkan Bulog untuk masalah ini karena di lapangan 79 daerah beras mengalami kenaikan yang tidak sedikit,” tegasnya.

--
Tidak hanya Bulog, Jokowi juga menginstruksikan kepada kementerian dan lembaga non-kementerian terkait, kepala daerah dan Bank Indonesia (BI) untuk terus memantau harga barang dan jasa di lapangan.

Dia ingin jajaran pemerintah dan BI memiliki sistem pendeteksian dini terkait potensi kenaikan harga barang dan jasa, termasuk upaya mitigasi.

“Sehingga selalu terdeteksi sedini mungkin sebelum kejadian besarnya itu datang, biar bisa kita kejar dan antisipasi,” ujar dia.

Jokowi juga minta seluruh pihak berhati-hati dengan setiap kenaikan harga barang dan jasa, karena saat ini dunia dihadapkan pada ancaman kenaikan inflasi.

Untuk itu pula, Jokowi meminta seluruh pihak bekerja dengan rinci dan terjun langsung ke lapangan.

Selain beras, Jokowi menyebut harga beberapa komoditas yang mengalami peningkatan yakni telur di 89 daerah, tomat di 82 daerah, daging ayam ras di 75 daerah.

  • Bagikan