Hasil Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2023-2028, 8 dari Daerah, 4 Profesional, dan 2 Petahana

  • Bagikan
Nur Fadhilah Mappaselleng (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hasil Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2023-2028 telah diumumkan.

Seleksi ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 Tahun 2023.

Sedangkan 14 nama itu telah tertuang dalam pengumuman Nomor 039/TIMSELPROV.GEL.1-Pu/04/73.2023.

Dari 28 yang lolos CAT dan tes psikologi sebelumnya, kini tinggal 14 nama yang akan dikirim ke KPU RI.

14 calon anggota KPU Sulsel itu diantaranya ada dua petahana yakni Fatmawati dan Upi Hastati.

Kemudian delapan dari Kabupaten/Kota diantaranya Abdul Thayyib Wahid Ramli (KPU Luwu), Ahmad Adiwijaya (KPU Palopo), Andi Tenri Sampeang (KPU Wajo), Ernida Mahmud (Pimpinan Bawaslu Bone), Hasruddin Husain (Ketua KPU Pare-pare), Muhammad Naim (KPU Sinjai), Romy Harminto (KPU Makassar) dan Tasrif (KPU Gowa).

Selanjutnya ada empat dari kalangan profesional seperti Abdul Azis, Hasbullah, Muhammad Yusuf AR dan Marzuki Kadir (Mantan Anggota KPU Pangkep).

Ketua Timsel KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappaselleng menyampaikan dari 14 calon yang akan diberikan ke KPU RI hari ini, sudah ada empat perempuan yang memenuhi kuota perempuan 28,5 persen diantaranya Fatmawati, Upi Hastati, Ernida Mahmud dan Andi Tenri Sampeang.

“Setengah mati juga mencari 30 ke atas karena memang UU mengatakan dengan memperhatikan 28,5 persen itu bisa ditarik naik jadi 29 persen,” katanya saat membacakan hasil seleksi di Makassar, Jumat, (24/3/2023).

Surat pengumuman telah ditandatangani oleh Ketua Timsel dan Sekretaris Timsel Muhammad Arif disertai dengan paraf.

  • Bagikan