Pakar Biotechnology Engineering Prof Maizirwan Bahas Pentingnya Energi Baru Terbarukan dalam Kuliah Umum

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pakar Biotechnology Engineering International Islamic University Malaysia (IIUM), Assoc Prof Dr Maizirwan Mel, Msc Ph.D memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Unhas, Jumat (31/3)

Dengan mengusung tema "Future Renewable Energy and Sustainability", kegiatan ini berlangsung di Unhas Hotel and Convention pukul 16.30 Wita. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis, Prof Dr Eng Ir Adi Maulana ST MPhil.

Tidak hanya itu, sejumlah anggota Senat Akademik dan Dewa Profesor Unhas, perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulsel, Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), serta sejumlah dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Unhas.

Kuliah umum dipandu oleh Kasubdit Kemahasiswaan Unhas, Muh Irdam Ferdiansah, SE M.Acc.

Prof Maizirwan dalam pemaparannya menekankan pentingnya terobosan energi baru dan terbarukan atau biasa juga disebut energi alternatif.

Salah satu energi alternatif yang dipaparkan olehnya adalah hidrogen yang juga sangat mungkin dikembangkan di Indonesia sebagai energi terbarukan.

Selain hidrogen, Prof Maizirwan juga menjelaskan potensi metanol dan juga amonia sebagai energi alternatif.

Ia mencontohkan sejumlah negara maju yang sudah beralih ke energi terbarukan, misalnya kereta api yang menggunakan fuel cell.

“Panas semakin menjadi-jadi, banyak banjir, CO2 bertumpuk karena pembakaran batubara. Keperluan fos makin tinggi, solusinya energi alternatif,” jelasnya.

  • Bagikan