Ketua PAPPRI Sulsel Tantang KPJ Ikut Bumikan Musik Daerah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajudddin (IAS) menantang Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) Makassar berkontribusi membumikan lagu-lagu daerah Sulsel.

"KPJ ini bisa menciptakan peran besar membumikan musik dan lagu-lagu daerah,
karena salah satu komunitas yang memang aktif bermusik. Di mana saja, jika sanggup mendahulukan lagu-lagu daerah untuk menghibur, itu akan memberi efek positif bagi upaya membumikan lagu daerah secara berkelanjutan," ujar pembina KPJ Makassar ini, di sela-sela Buka Puasa Bersama KPJ Makassar, Lions Club Makassar, serta INLA Sulsel, di Sekretariat KPJ Makassar, Jalan Sultan Hasanuddin, Sabtu, 1 April 2023.

IAS lalu mencontohkan bagaimana daerah-daerah lain melakukan gerakan membumikan musik daerah.

"Coba saja lihat, masuk di Warung makan di Jabar, yang diputar lagu Sunda, di Jawa, lagu Jawa, di Medan lagu Batak. Eh, pas makan di rumah makan di Makassar, yang diperdengarkan malah lagu-lagu pop. Padahal, apa salahnya memutar lagu daerah sendiri?" sambung mantan wali kota dua periode yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu.

"Jadi, tidak salah kalau saya, selaku ketua PAPPRI dan pembina menantang KPJ menjadi motor membumikan musik-musik daerah. Saya juga menantang teman-teman KPJ untuk berlomba-lomba bisa menciptakan lagu dan musik yang tematik daerah," tegas IAS.

Pada kesempatan itu, IAS juga menyinggung perjalanan panjang persahabatan dirinya dengan komunitas pemusik jalanan Makassar.

  • Bagikan