Besok, 143 Calon Komisioner KPU Sinjai, Bantaeng, dan Palopo Dijadwalkan Tes Tertulis dan Psikologi 

  • Bagikan
Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Seleksi (Timsel) calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) zona 4 telah mengumumkan nama-nama calon komisioner yang dinyataka lolos administrasi.

Sebanyak 143 orang akan bersaing ke tahap selanjutnya untuk calon KPU di tiga Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bantaeng dan Kota Palopo. 

Anggota Timsel KPU Sulsel Gelombang 5, Moh Maulana mengatakan dari total 143 calon dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Terdapat peserta pendaftar terbanyak di Kota Palopo.

"Dari hasil vermin berkas ada 143 lolos. Estimasinya, Calon di Sinjai 52 orang, Bantaneg 37, dan Palopo 54," jelasnya, Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut Maulana menuturkan bahwa untuk tahapan selanjutnya adalah 143 calon akan menjalani tes tertulis dan tes psikologi yang akan berlangsung di Kampus UNM pada tanggal 7 Juni mendatang.

Menurutnya, dalam tes tersebut, UNM memiliki ruangan IT bisa tes tertulis, selain itu pihak timsel menggandeng profesional dari kalangan perkumpulan psikolog melakukan penilaian terhadap calon komisioner di 3 daerah tersebut.

"Jadi, tahapan selanjutnya. 143 peserta akan jalani tes tertulis dan Psikologi tanggal 7 di Gedung Phinisi UNM," jelasnya.

Diketahui, sebelumnya total pendaftar dari tiga kabupaten/kota, yakni 156 terdiri Kabupaten Sinjai 56, Kabupaten Bantaeng 41, serta Kota Palopo 59.

Menurut Maulana, pendaftar dari Sinjai, laki-laki sebanyak 46 dan Perempuan 10 pendaftar. Untuk Kabupaten Bantaeng, Laki-laki 36, serta Perempuan 5 pendaftar.

  • Bagikan