9 Kepala Desa Kabupaten Jeneponto Dilantik, DBL Ceritakan Kisah Heroik

  • Bagikan
Dedy Daeng Bella, salah satu kades yang dilantik Iksan iskandar.

FAJAR.CO.ID -- Prosesi pelantikan berlangsung di Lapangan Passamaturukang Binamu, Kamis 28 Desember 2023. 9 Kepala Desa di Kabupaten Jeneponto diangkat sumpah dan dilantik secara resmi oleh Bupati, Drs H Iksan Iskandar MSi. Mereka yang dilantik merupakan hasil Pilkades Serentak tahun 2023.

Berasal dari 7 Kecamatan, Kesembilan Kepala Desa tersebut masing-masing 1) Muhammad Rais dari Desa Maccini Baji Kecamatan Batang, 2) Megawati dari Desa Kaluku Kecamatan Batang, 3) Efendy Amba Dg Nai dari Desa Borongtala Kecamatan Tamalatea, 4) Irsal dari Desa Bulobulo Baji Kecamatan Arungkeke, 5) Marzuki Tinggi dari Desa Bontotiro Kecamatan Rumbia, 6) Hj. Nurjaya dari Desa Bontonompo Kecamatan Kelara, 7) Ruslan dari Desa Tombolo Kecamatan Kelara, 8) Nawir dari Desa Baraya Kecamatan Bontoramba, dan 9) Dedy dari Desa Jenetallasa Kecamatan Bangkala.

Nama terakhir ini punya kisah heroik sebelum dilantik. Dedy, S.Pd.I lebih dikenal dengan panggilan populer DBL, singkatan dari Dedy Daeng Bella. Mulai mengikuti seleksi calon Kepala Desa pada tahun 2019.

Dalam prosesnya, pilkades yang harusnya berlangsung di tahun tersebut beberapa kali diundur karena rentannya kecurangan administrasi berkas calon. DBL yang saat itu telah diperkirakan akan menang dengan dukungan besar dari masyarakat Desa Jenetallasa, mendapat halangan dari berbagai pihak. Ketidakjelasan sikap berbagai pihak yang bertanggungjawab pada pemilihan Kepala Desa mengakibatkan 4 tahun Desa Jenetallasa dipimpin Pejabat Kades yang ditunjuk oleh Bupati Jeneponto.

  • Bagikan