Kembali Kunjungi Lutra, Wagub Minta Pemerataan Bantuan

Sabtu, 18 Juli 2020 20:05

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, kembali berkunjung ke Kabupaten Luwu Utara, Sabtu (18/7/2020).

Ini merupakan kunjungan keduanya sejak bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Luwu Utara pada Senin (13/7/2020) lalu.

Mengenakan seragam BPBD, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terlebih dahulu berkunjung di Posko induk pengaduan bencana alam baniir bandang wilayah Kodim 1403 Sawerigading di Kelurahan Radda, Kecamatan Baebunta.

Di sana, disambut oleh Pimpinan Posko, Agus Purnowo. Orang nomor dua di Sulsel itu pun turut berbincang dengan masyarakat yang sedang mengungsi.

Ia pun memberikan arahan kepada pimpinan Posko. Dirinya menyampaikan bahwa, koordinasi titik bantuan perlu dipertegas.

Bantuan semestinya termanajemen dengan baik, perlu data dan pemetaan yang rapi agar menghindari pembagian bantuan tidak merata.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri, Pemda Lutra agar semua relawan membawa bantuan dalam dua titik pusat arah dari Palopo dan Lutim sebagai posko Induk,” katanya.

Pihaknya menemukan, ketika bantuan langsung ke tenda-tenda pengungsi oleh relawan baik, tetapi kadang menumpuk di satu tempat dan kosong di tempat lainnya.

“Kita percayakan kepada Tim terpadu TNI/Polri, Pemda saja bantuan bisa didrop langsung ke posko Induk nanti Tim terpadu yang ada lakukan pendistribusian dan terjadwal. Dalam diskusi juga Tim terpadu akan menyisir sampai pelosok yang terpencil dan tidak terakses dengan motor trail,” tegasnya.

Hal tersebut, kata dia, sangat dibutuhkan. Sehingga bantuan yang datang, merata kepada seluruh masyarakat yang terkena dampak banjir bandang sampai masyarakat yang terisolir karena akses.

“Posko induk memiliki data yang tepat sasaran, terkontrol secara harian dan sebaiknya seluruh bantuan di salurkan terpusat di posko induk,” jelasnya.

Komentar