LPM BIOma UNM Bekali Mahasiswa Ilmu Jurnalistik

Jumat, 16 Oktober 2020 21:48

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) merupakan program kerja tahunan Bidang Penelitian dan Pengembangan LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM untuk merekrut anggota baru.

Program ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM khususnya dalam bidang jurnalistik, menumbuh kembangkan pengetahuan dan potensi mahasiswa di bidang jurnalistik, dan menghasilkan kader yang berkompeten di bidang jurnalistik.

Akibat pandemi COVID-19, kegiatan DJMTD tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi konferensi video Zoom.

DJMTD tahun ini terdiri atas tujuh tahapan, yaitu: (1) sosialisasi; (2) pendaftaran dan pengisisan formulir secara online; (3) wawancara; (4) penerimaan materi; (5) liputan lapangan; (6) magang; dan (7) pengukuhan.

Hingga saat ini, DJMTD telah sampai pada tahap wawancara yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Oktober 2020. Setelah tahap wawancara, akan ada penerimaan materi yang dilaksanakan pada 16 – 18 Oktober 2020, kemudian dilanjutkan dengan agenda liputan lapangan di daerah peserta masing-masing (domisili) yang dimulai pada tanggal 18 Oktober 2020.

Peserta yang telah menerima materi dan melakukan liputan lapangan akan mengikuti proses magang selama satu bulan, yakni pada 19 Oktober – 18 November 2020.

Peserta yang telah berhasil hingga ke tahap magang akan dikukuhkan secara resmi melalui agenda pengukuhan pada tanggal 28 – 30 November 2020. Setelah seluruh rangkaian kegiatan DJMTD selesai, peserta dinyatakan resmi menjadi reporter baru LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM.

Meskipun digelar secara daring, Nurinayah Nurdin selaku Ketua Panitia berharap agar DJMTD dapat melahirkan reporter-reporter yang memiliki wawasan yang luas, inisiatif dan kreatif, memiliki nalar yang kuat sehingga dapat menjadi insang pers yang diharapkan.

Komentar

VIDEO TERKINI