FISIP Unhas Gelar Kuliah Umum Bersama Mensesneg

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia (Mesesneg) Prof Dr Praktikno, M.Soc, SC sebagai narasumber.

Kegiatan dengan tema "Peran Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dalam Upaya Mendukung Pencapaian Kesejahteraan Masyarakat Melalui Sinergi Antara Negara, Masyarakat dan Perguruan Tinggi" berlangsung pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di Kanal Youtube Fisip Unhas, Kamis (25/2/2021).

Praktikno dalam materinya menjelaskan, saat ini masyarakat dihadapkan pada era disrupsi dan berbagai perkembangan lainnya termasuk revolusi industri 4.0 yang sangat pesat mempengaruhi tatanan kehidupan termasuk ilmu pengetahuan. Hal ini berdampak pada beberapa jenis pekerjaan yang potensial menghilang dan munculnya pekerjaan baru.

Lebih lanjut, Prof Praktikno menambahkan, ilmu pengetahuan era sekarang bukan lagi monodisiplin namun berkembang menjadi multidisiplin, yang diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasan generasi penerus. Lulusan ilmu sosial politik diharapkan tidak hanya menguasai bidang ilmunya saja, akan tetapi diikuti dengan kemampuan lainnya.

"Potensi menjadi pemimpin bisa diaktualisasikan jika ilmu sosial politik bergaul dengan ilmu lainnya. Jangan sampai pemilihan prodi tidak dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa. Sehingga, program merdeka belajar harus dimanfaatkan dengan baik oleh lembaga pendidikan. Dengan demikian, peran Perguruan Tinggi tidak lagi jadi menara gading," jelas Prof Praktikno.

  • Bagikan