1.071 Personel Covid Hunter Makassar diaktifkan

Jumat, 4 Juni 2021 15:32

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, resmi mengaktifkan 1.071 orang personil yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Hunter Covid atau pemburu Covid di 153 kelurahan, dan 15 kecamatan se-Kota Makassar.

“Untuk jumlah petugasnya pada 153 kelurahan, masing-masing satu kelurahan ada tujuh orang, jumlahnya totalnya saya lupa ingat, silahkan dihitung yah, (1.071 orang), ” tutur Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kepada wartawan usai peluncuran Covid Hunter di lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Sedangkan untuk kendaraan operasional pendukung tim Satgas Covid Hunter, kata dia, ditempatkan masing-masing pada setiap kecamatan berjumlah 15 kecamatan, ditambah dua kendaraan pengendali.

“Jumlah mobil ada 15 unit di tiap kecamatan ditambah, dua mobil pengendali, jadi total 17 unit semua,” sebut Wali Kota dua priode tersebut.

Untuk fasilitas dalam kendaraan tersebut, papar pria disapa akrab Danny Pomanto ini mengatakan, telah dilengkapi alat rapid antigen, suplemen serta obat yang diperuntukkan bagi suspek serta kontak erat.

“Akan dikasih bagi orang suspek maupun orang yang berkontak erat dengan suspek. Kita akan kasih untuk suplemen. Nanti setelah terkonfimasi, (setelah di testing) baru kita treatment (perawatan) namanya,” ujar Danny.

Ia menjelaskan, peluncuran Covid Hunter ini merupakan upaya ketiga, setelah Satgas Detektor dan Satgas Raika (Pengurai Kerumunan). Tiga Satgas ini masuk dalam program Makassar Recover. Intinya adalah, perintah Protokol Kesehatan untuk tracing, testing dan treatment dengan penerapan 5 M. (Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan interaksi serta Memakai masker)

Untuk penerapan 5M, kata Danny menjelaskan, tugas dari Satgas Raika. Selanjutnya, status pemeriksaan ke masyarakat ada Satgas Detektor. Dan tugas Covid Hunter melaksanakan tracing, testing dan treatment.

Komentar

VIDEO TERKINI