Itjen Kemenkumham Beri Penguatan SPIP di Kanwil Sulsel

Selasa, 29 Juni 2021 21:22

IST

Fajar.co.id, Makassar — Auditor Madya Itwil I, itjen Kemenkumham RI, Andriyanto, memimpin tim penguatan new SPIP ( sistem pengendalian intern pemerintah) di kanwil Kemenkumham Sulsel Selasa (29/6).

Menurut Andriyanto, penguatan ini sebagai upaya penilaian mandiri dan mempersiapkan data dukung dalam new SPIP.

“Tahun ini, Inspektorat jenderal dijadikan QA (Quality Assurance) oleh BPKP, hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas mutu dari penilaian mandiri kantor wilayah dan eselon II mandiri oleh Itjen,” ujar Andriyanto.

Andriyanto berharap setelah pendampingan dan penguatan ini, satgas SPIP di Kanwil yang ditunjuk dalam melakukan penilaian mandiri agar dapat memperhatikan data dukung dan kesesuaian nya dalam new SPIP .

Menurut Andriyanto, Kalo diibarat teori pertahanan, dalam kerangka SPIP, itjen itu berada di pertahanan kedua, karena pertahanan pertama ada di manajemen kanwil dan satuan kerja.

“Karena kanwil dan satker yang bertanggung jawab langsung dalam membangun, menilai dan meningkatkan kualitas SPIP, sedangkan Itjen bertanggung jawab dalam evaluasi terpisah atas kualitas SPIP,” tegasAndriyanto.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan, pihaknya juga Sudah koordinasi dengan BPKP Sulsel terkait new SPIP ini.

Kakanwil Harun juga bertema kasih atas penguatan ini. “Beberapa waktu lalu kanwil Sulsel juga sudah ditunjuk oleh Itjen sebagai salah satu satker dalam uji petik maturitas SPIP,” kata Harun.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Rutan Kelas I Makassar Sulistyadi, Pejabat Administrator dan pengawas, Tim Sekretariat SPIP Kanwil Sulsel, Lapas Kelas I Makassar, dan Rutan Kelas I Makassar. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI