Vaksinasi akan Sasar 6 Kecamatan Kasus Covid-19 Tertinggi di Makassar

  • Bagikan
Ilustrasi Vaksin Covid-19

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Vaksinasi Covid-19 segera menyasar enam kecamatan yang dinilai memiliki kasus penularan tertinggi di Makassar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan keenam wilayah tersebut yaitu Kecamatan Rappocini, Manggala, Panakkukang, Biringkanayya, Tamalanrea dan Tamalate.

"Kita mulai sasar di enam lokasi itu. Tapi menurut Epidemiologi, itu harus lebih dahulu dirampungkan pada satu daerah baru beralih lagi ke daerah lain. Semisal Biringkanayya yang tertinggi kita tuntaskan dulu di situ semua baru beralih yang tertinggi kedua (Rappocini)," kata Ida sapaannya, Jumat, (17/9/2021).

Ida menargetkan perampungan seluruh kecamatan dilakukan dalam 30 hari. Hal ini dianggap cukup memakan waktu lantaran jumlah RT di Kota Makassar cukup tinggi.

"Karena kan kita punya sekitar 5000-an RT, itu tidak cepat itu dengan tenaga kita, ada penyesuaian, kita pakai estimasi satu kecamatan itu dua hari rampung, estimasinya satu tim yang terdiri dari 150 orang, satu RT. Tapi masih mau ditinjau dulu karena ada kemungkinan satu RT itu 300 itu kita siapkan dua tim misalnya. Dan juga kita di-backup sama provinsi sampai selesai vaksinnya," jelasnya.

Sementara itu Walikota Makassar yang ditemui mengatakan program akan dimulai Senin pekan depan setelah pendataan seluruh kecamatan dirampungkan Sabtu (18/9/2021).

"Ini sudah sementara (Pendataan di kecamatan). Besok saya rapat. Kemungkinan Senin kita mulai," tuturnya.

Distribusi akan dilakukan menggunakan 10 Unit Mobil Inflasi milik Dinas Perdagangan yang dikonversi menjadi pusat vaksinasi RT. 10 unit tersebut akan ditempatkan di wilayah-wilayah non lorong.

  • Bagikan