Jadikan Sedekah sebagai Budaya di Masa Pandemi, Ini Manfaatnya

  • Bagikan
Ilustrasi Sedakah / int

MAKASSAR – Aksi berbagi kepada warga sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di masa pandemi Covid-19 ini merupakan sebuah wujud aksi sosial dan nilai ibadah yang sangat bermanfaat bagi umat manusia.

Gerakan kebaikan di masa pandemi saat ini memang harus terus digencarkan di tengah masyarakat. Sebab pada masa pandemi saat ini semua sektor terdampak baik kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan.

Sedekah merupakan salah satu amalan seorang muslim yang dilakukan dengan cara mengeluarkan apa yang dia miliki. Sedekah dilakukan dengan sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Namun dengan hal tersebut, kita sebagai umat manusia tetap wajib bermunajat kepada Tuhan agar pandemi ini cepat berakhir. Selain itu kita wajib mematuhi protokol kesehatan serta memperbanyak saling membantu, antara lainnya dengan cara bersedekah sekaligus menjaga dan memelihara esensi ajaran agama yang hakikatnya peduli sesama.

Karena itu, di masa pandemi COVID-19, semangat untuk menebarkan gerakan bersedekah, meski di lingkup kecil perlu terus digaungkan. Selain bernilai ukhrawi (keakhiratan), di dalam sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong.

Banyak cara untuk melakukan sedekah dan berbagi terhadap sesama dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara apapun, di mana pun, kapan pun dan kepada siapapun.

Mulai dari berbagai benda, donasi uang tunai hingga berbagi makananan. Memberikan makanan kepada yang membutuhkan saja sudah membuat mereka bahagia dan mendatangkan banyak pahala.

  • Bagikan