Pemerintah Diminta Evaluasi PTM 100 Persen Kelompok Usia Kurang dari 11 Tahun

  • Bagikan
Ilustrasi -- Fatmawati Rusdi ketika meninjau PTM di SMP Negeri 44 Makassar.

Begitu juga agar anak-anak yang sudah melengkapi imunisasi Covid-19, dapat diberikan pemahaman dan dipantau dalam melaksanakan protokol kesehatan dapat mengikuti PTM. Kemudian, diminta agar mekanisme kontrol dan buka tutup sekolah seyogyanya dilakukan secara transparan untuk memberikan keamanan publik

“Kami juga menghimbau orangtua agar melengkapi vaksinasi regular melalui imunisasi kejar bagi anak-anaknya agar tetap terlindungi dari kemungkinan penyakit lain yang mungkin timbul,” imbuh Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat, tingkat rawat inap Covid-19 di antara anak-anak melonjak, dengan rata-rata 4,3 anak di bawah 5 tahun per 100 ribu dirawat di rumah sakit. Angka ini naik 2,6 anak dari akhir Desember 2021.

Data di Amerika Serikat ini Ini merupakan peningkatan 48 persen dari pekan yang terakhir Desember, dan peningkatan terbesar dalam tingkat rawat inap kelompok usia ini telah terlihat selama pandemi. Di Indonesia sendiri, sejumlah sekolah yang telah melaksanakan PTM juga telah melaporkan munculnya sejumlah kasus Covid pada siswanya.

“Untuk anak-anak yang masih belum memperoleh atau belum memenuhi syarat untuk divaksinasi Covid, sangat penting bagi mereka agar dikelilingi oleh orang-orang yang divaksinasi untuk memberikan mereka (anak-anak tersebut) perlindungan,” tegas Ketua Umum PERDATIN Syafri Kamsul Arif.

Sally Aman Nasution selaku Ketua Umum PAPDI pun berharap pemerintah dan kementerian terkait sebagai pembuat kebijakan dapat mempertimbangkan permohonan kami demi melindungi kesehatan dan keselamatan anak Indonesia. (jpg/fajar)

  • Bagikan