Manfaatkan Drone sebagai Alat Penyemprot Tanaman

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Kerja sama Taiwan International Coorporation and Development Fund (ICDF) dengan Center of Excellence Fakultas Pertanian Unhas, kembali pengadakan pelatihan drone untuk kedua kalinya, setelah pelatihan pertama pada tahun lalu.

Memasuki kerja sama periode kedua, kali ini Taiwan ICDF mengajak Dosen, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pemprov Sulsel. Serta Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal), dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH), mengikuti pelatihan terkait inovasi bertani menggunakan drone. di Pelataran Fakultas Pertanian Unhas, Minggu, 26 Juni.

Ketua Center of Excellence Fak. Pertanian, Prof Yunus Musa, mengatakan dosen dan perwakilan instansi Fakultas Pertanian, terlebih dahulu diberikan materi pada hari pertama. Materinya tentang Pengenalan Drone di Bidang Pertanian, Implementasi Drone di Bidang Pertanian, dan Pengenalan Software untuk Operasional Drone.

Sedangkan pada hari kedua, dilakukan Demonstrasi Membuat Jalur Terbang dan Menerbangkan Drone, Pelatihan Penggunaan Drone, dan pengolahan Data Drone.

"Sebuah drone khusus yang bisa menyemprotkan delapan liter air, disiapkan Taiwan International Coorporation development Fund (ICDF) bersama Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas).

Drone tersebut memang dipersiapkan untuk bisa dijalankan para dosen Pertanian di Unhas. Kendati demikian, dipelajari dulu teori lalu ke praktek.

"Nah ketika sudah mahir, kita akan ajarkan juga cara ini kepada para mahasiswa maupun para petani," ucapnya.

  • Bagikan