Jelang Sekolah Tatap Muka, Disdik Makassar Turunkan 200 Verifikator Prokes di Sekolah

Selasa, 8 Juni 2021 15:12

Ilustrasi Siswa masuk Sekolah gunakan masker. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar terus mematangkan persiapan jelang ujicoba sekolah tatap muka.

Plt Kepala Disdik Makassar, Nielma Palamba mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim verifikator untuk melihat langsung kesiapan protokol kesehatan di tiap sekolah.

“Verifikator itu semua pegawai, baik negeri maupun kontrak, termasuk didalamnya itu pengawas sekolah. Kami turunkan di 14 kecamatan, untuk melakukan verifikasi dan validasi syarat tatap muka,”kata Nielma, Selasa (8/6/2021).

Lanjut Nielma, tim verifikator tersebut telah bekerja sejak 3 Juni lalu. Rencananya tim tersebut akan berkeliling di 14 Kecamatan yang ada di Makassar. Memastikan Prokes di sekolah siap melakukan pembelajaran Luring.

“Saya kasi waktu sampai tanggal 15 Juni, cukup lama juga sih, karenakan mereka harus benar benar memastikan,” jelasnya.

Kata Nielma, ada 46 indikator terdiri dari 4 komponen, yang akan ditanyakan ke sekolah-sekolah untuk memastikan kesiapan mereka dalam melakukan pembelajaran tatap muka.

Pertama administrasi, kedua adanya jadwal pembelajaran, ketiga adalaj fasilitas, dan keempat adalah faktor resiko.

“Administrasi itu misalnya, adanya tim gugus covid di setiap sekolah,” jelasnya

Kedua, terkait dengan pembelajaran, Nielma mengatakan, sekolah harus memastikan jadwal atau roster mata pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.

“Kalau SD itu maksimal dua jam, kalau SMP maksimal 3 jam. Itu yang harus disiapkan oleh guru dan satuan pendidikan,” katanya

Ketiga adalah fasilitas, setiap sekolah harus memastikan sekolah itu bersih aman. Misalnya tersedianya sarana cuci tangan, kemudian memastikan adanya toilet yang bersih,sumber air yang jelas, seperti itu.

Terakhir, memastikan seluruh guru dan tenaga pendidikan sudah dilakukan vaksinasi.

Komentar

VIDEO TERKINI