Politani Pangkep Sukses Gelar Seminar Nasional Ketahanan Pangan

  • Bagikan

Ketua Dewan Pakar MasyarakatP erikanan, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, M.S. sebagai pembicara ketiga memaparkan materi tentang “Peningkatan Peran Politeknik Pertanian Negeri Pangkep Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional”.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Rokhmin Dahuri mendorong Politani Pangkep untuk berkolaborasi mewujudkan kedaulatan pangan nasional. “Pangan adalah hak azasi manusia, karena menentukan tingkat kesehatan, kecerdasan, kualitas SDM, dan kemajuan suatu bangsa. You are, what you eat (Anda adalah apa yang Anda makan)”, ungkapnya.

Lebih lanjut Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University ini menyebutkan empat indikator kinerja kedaulatan pangan nasional. Produksi pangan, khususnya bahan pangan pokok lebih besar dari konsumsi nasional, setiap warga Negara di seluruh wilayah NKRI mampu mendapatkan bahan pangan pokok yang bergizi, sehat, dan mencukupi sepanjang tahun.Petani, nelayan, peternak dan pelaku usaha dapatsejahtera. “Tidak kalah pentingnya, semua hal di atas itu harus berkelanjutan (sustainable),” tuturnya.

Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc selaku pembicara keempat yang mengangkat tentang tantangan dunia maritime di era anthropocene. “Planet kita ini telah menjadi korban dari kemajuan teknologi. Penguatan ekonomi tidak harus mengorbankan lingkungan. Ini merupakan hal fundamental yang harus dijawab oleh ilmu pengetahuan”, ungkap Rektor Universitas Hasanuddin itu.

Semangat Para Panitia Sukseskan Seminar Nasional
Kesuksesan Politani Pangkep menggelar seminar nasional yang mempertemukan para ilmuwan dari berbagai ranah tidak terlepas dari perjuangan Panitia Seminar Nasional. Tim yang dinakhodaioleh Dr. Nurmiaty, M.P ini telah melakukan berbagai persiapan kurang lebih satu bulan menjelang pelaksanaan kegiatan.

  • Bagikan