Kadis TPHP Bone Inisiasi Lahan Yon Armed Sebagai Sentra Tanaman Komoditas Pertanian

  • Bagikan
Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin oleh Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di Desa Allaporengnge Kecamatan Bengo, Kamis, 29 Desember 2022,

FAJAR, BONE -- Komitmen wujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone gandeng TNI.

Hal itu terlihat pada peresmian Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin oleh Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di Desa Allaporengnge Kecamatan Bengo, Kamis, 29 Desember 2022,

Kadis TPHP Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman menuturkan saat menghadiri peresmian tersebut ia melihat ada 30 hektar (Ha) lahan Yon Armed yang sangat potensi dimanfaatkan untuk sentra tanaman sayur maupun komoditas pertanian lainnya.

"Kita sudah ada bibit yang disiapkan di green house Desa Lampoko Kecamatan Barebbo, yang kapanpun bisa dipasok ke lahan milik Yon Armed 21/105 Tarik/Kawali Kodam XIV/Hasanuddin," terangnya.

Lebih lanjut Kaka Kandung Gubernur Sulsel itu menuturkan selama ini ia memang getol menggandeng TNI untuk menjaga ketahanan pangan daerah ini. Terbukti saat ia membantu TNI berupa lahan 700 ha untuk komoditas jagung.

"Kami juga menyiapkan benih jagung berkualitas tinggi untuk lahan tidur tersebut. Komitmen saya dari dulu adalah ketahanan pangan adalah wujud ketahanan Negara," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kadis Asman juga ikut menabur bibit ikan di Bioflok atau kolam ikan buatan milik Yon Armed Kawali. Diketahui
teknologi bioflok adalah sistem budidaya ikan yang mendaur ulang nutrisi limbah sebagai makanan ikan.

Bioflok, khususnya mikroorganisme yang dibudidayakan, dimasukkan ke dalam air untuk membentuk protein mikroba dari limbah ikan beracun dan bahan organik lainnya di dalam air.

  • Bagikan