Peringati Kemerdekaan RI ke 75 di Bawah Laut

Senin, 17 Agustus 2020 19:48

BENDERA

FAJAR.CO.ID, BONE — Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 kali ini penuh dengan pembatasan. Meski begitu hal ini tak menyurutkan semangat dari personel Batalyon C Pelopor dan para penyelam profesional untuk memperingati detik-detik Proklamasi di bawah perairan Teluk Bajoe.

Sebanyak 25 penyelam dari sejumlah instansi dan komunitas selam yang di Sulsel dilibatkan dalam upacara bendera di bawah laut itu. Seperti Kodam XIV Hasanuddin, Kodim 1407 Bone, Batalyon C Pelopor, BPBD Bone, Basarnas Bone, Politeknik Kelautan dan Perikanan, DECO, Kudu-kudu Diving Club Makassar, FDC UNHAS, Damkar Makassar, serta Divepacker Indonesia.

Pengibaran bendera dilaksanakan pada kedalaman 20 meter di bawah laut, seluruh rangkaian kegiatan upacara termasuk mengheningkan cipta juga dilaksanakan.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan mengatakan, Batalyon C Pelopor telah menurunkan penyelamannya untuk mengikuti upacara bendera bawah laut dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75.

“Pada puncak hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini kami ikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut. Semua rangkaian kegiatan ini kami lakukan sebagai wujud jiwa nasionalisme kami kepada negara Indonesia,” katanya Senin (17/8/2020)

Kata dia, dengan tumbuhnya jiwa nasionalisme ini, semangat untuk mengimplementasikan bakti Brimob untuk nusantara semakin besar.

Sementara Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, menambahkan, kegiatan ini adalah sebuah wujud kecintaan pasukan Brimob Polda Sulsel kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagai bentuk dari rasa nasionalisme Pasukan Brimob Polda Sulsel kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, kami akan terus mengedukasi seluruh masyarakat tentang pentingnya memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia melalui beragam kegiatan diantaranya kegiatan bakti sosial,” ucapnya. (agung/fajar)

Komentar